Tuesday, May 22, 2012

Jam ke 6



Jam ke- 6

Pen tool

Digunakan untuk menggambar objek (dalam shape atau vector) baik yang bersudut tumpul maupun yang bersudut tajam.
     Caranya aktifkan Pen tool pada option bar pastikan memilih opsi Paths dan Exclude Overlapping parth area buat garis path pada gambar untuk mengubah titik parth yang lurus menjadi melengkung gunakan Convert Point tool yang di aktifkan lebih dahulu. Bila posisi belum pas, gunakan Direct Selection tool untuk menggeser posisinya dan untuk mengubah garis path ini menjadi seleksi, klik pada area kosong hingga tidak ada point atau garis path yang aktif kemudiam tampilkan panel Paths.dari panel Paths klik kanak pada work path pilih Make Selection klik oke pada kotak dialog secara otomatis garis path ikut teersimpan bila menyimpan ulang dokumen tersebut.


Rectangle, Rounded Rectangle & Ellipse tool

 Untuk pembuatan bentuk vector (shape) berbentuk persegi dan ellips, gunakan salah saru dari ketiga tool ini.
      Tekan Ctrl+N untuk membuat dokumen baru. Aktifkan rectangle tool pada opsi bar pilih opsi Shape layers dengan menggunakan Rectangle tool klik dan drag untuk membuat shape persegi untuk membuat shape berbentuk kotak klik pada jendela dokumer lalu drag sambil menahan Shift. Aktifkan Ellipse tool pilih opsi Shape Layers pada bar klik dan drag pada kanvas untuk membuat shape berbentuk ellips. Sedangkan untuk membuat shape lebih berbentuk lingkaran, tahan Shift sembari melakukan klik dan drag. Aktifkan Rounded Rectangle toolpastikan memilih opsi yang sama pada option bar khusus untuk ini gunakan kotak isian Radius untuk mengatur besr lengkungan sudutnya klik dan drag untuk membuat shape kotak bersudut tumpul. Semakin besar nilai radius sudutnya makin tumpul. Untuk menghapus layer pilih Delete Layer lalu pilih yes pada kotak dialog yang tampil.

Polygon tool

Untuk pembuatan Shape bersudut banyak dan shape berbentuk bintang, tool inilah yang diperlukan.
     Aktifkan Polygon tool tentukan sis objek pada kotak isian Sedws pada option bar klik dan drag pada kanvas untuk membuat shape polygon. Sekarang klik tombol shape option aktifkan opsi star klik dan drag untuk membuat shape berbentuk bintang, untuk menambah jumlah sudutnya, perbanyak nilai Sides dari option bar

Custom Shape tool

Berisikan beragam bentuk shape siap pakai, Custom Shape tool digunakan untuk memilih shape yang disediakan namun dapat membuat Custom shape sendiri untuk digunakan.
     Aktifkan Custom Shape tool pilih bentuk shape yang diinginkan melalui option bar. Untuk membuat shape tersebut, klik dan drag pada kanvas menggunakan Custom Shape tool agar bentuk shape tetap proporsional tahan Shift sewaktu membuatnya. Pada kotak dialog yang tampil pilih Append untuk menambahkan daftar shape baru ke dalam daftar shape yang telah ada.

Horizontal Type tool

Untuk menambahkan teks ke dalam gambar atau desain yang dibuat.
     Tekan D untuk mengembalikan warna default kemudian tekan X untuk membalik warna foreground dan background aktifkan Horizontal Type tppl pada option bar pilih jenis font dan size dan pilih warna teks, klik pada kanvas untuk membuat point text. Setelah kursor tampil pada kanvas ketikkan kalimat yang diinginkan setelah selesai menulis tekan Ctrl+Enteratau klik pada tombol Finish editing yang berada pada bagian kanan ujung dari option bar. Untuk mengganti warna text klik kotak warna berada pada option bar sebelumnya kita harus berada pada layer teks yang diinginkan, kita dapat menambah layer style pada sebuah layer teks. Untuk menyudahi penulisan text tekan Ctrl+Enter atau klik pada tombl Finish Editing sekarang gunakan pen tool untuk membuat garis path posisikan pointer mouse ke atas garis path hingga bentuk pointernya berubah lalu klik pada garis path ketika kursor teks tampil di atas garis path, ketikkan kalimat yang diinginkan.

Foreground & Background Color

Foreground adalah warna yang digunakan oleh beragam tools sedangkan Background color merupakan warna yang digunakan ketika menghapus sebagian area gambar pada layer background.

Brush tool

Brush tool adalah kuas digital fungsinya adalah mewarnai dapat juga untuk melakukan masking, membuat seleksi dll.
     Aktifkan Brush tool pada option bar pilih bentuk brsh sesuai keinginan. Brush tool menggunakan warna yang terpilih pada foreground color jadi bila ingin merubah warna brush ubah warna foreground terlebih dulu. Cara yang praktis adalah memilih warna adalah melalui panel Swatches. Klik menu Window>Swatches untuk menapilkannya atau klik pada icon Swatches pada collapsible panel.Dari dalam panel swatches klik pada warna yang diingin untuk menggantukwarna foreground color. Untuk mendapatkan pinggiran Brush yang halus dapat menuruhkan nilai Hardness atau pilih salah satu soft round brush yang ada sedangkan pilihan opacity menentukan tingkat transparansi brush , semakin kecil nilainya, maka brush tersebut akan semakin transparan. Klik dan drag kembali pada kanvas.

Gradient tool

Gradasi ialah sebutan untuk perpaduan yang terjadi antara dua warna atau lebih.
     Aktifkan Gradient tool pada option bar pilih jenis gradasi yang anda inginkan secaara default yang terpilih adalah jenis gradasi foreground to background (menggunakan warna foreground dan background) dan disebelahnya akan menemukan gradasi yaitu linear gradient, radial gradient dll. Klik dan drag untuk membuat warna gradasi pada kanvas untuk mengubah warna gradasi ubah saja warna background dan foreground atau pilih jenis gradasi lain dari option bar.

Fill Color

Memberi pilihan untuk mewarnai suatu layer.
     Klik menu Edit>Fill guna menampilkan kotak dialog fill. Dalam kotak dialog fill pilih warna yang diinginkan untuk mengisi layer pada kotak pilihan use atau bila ingin mengisi layer dengan pola gambar berulang pilih pattern pilih mode normal dan opacity :100% lalu ok layer background akan terisi dengan pola.

No comments:

Post a Comment